PERBEDAAN RAM DDR,DDR2, DAN DDR3

Seperti namanya, MEMORY RAM merupakan perangkat untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor (CPU – Central Processing Unit), Jadi dengan adanya MEMORY RAM data di hardsik bisa diakses lebih cepat.

Sebelum kita memahami perbedaan DDR 1,2dan3 saya akan jelaskan apa arti dari RAM dan DDR itu sendiri.
DDR atau SDRAM yaitu atau double-data-rate dinamis random akses memori acak, Seperti namanya, MEMORY RAM merupakan perangkat untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor (CPU –{ Central Processing Unit}), Jadi dengan adanya MEMORY RAM data di hardsik bisa diakses lebih cepat, dan untuk ini kita akan membahasperbedaan RAM DDR1 DDR 2 dan DDR3.Untuk perbedaannya antara DDR1,2 dan 3 akan saya jelaskan, dapat dilihat dari gambar.

Contoh nyata dari RAM :

DDR 1 :

DDR2 :

DDR 3 :

Adapun perbedaan pada fisik antara memori jenis DDR dengan jenis DDR2 dan DDR 3, yang pertama adalah pada jenis chip memori yang digunakan. Pada memori jenis DDR 1, chip memori (IC)yang digunakan pada board modul memori adalah adalah jenis TSOP (Thin Small-Outline Packege). Bentuknya adalah empat persegi panjang dengan kaki-kaki di sisi kiri dan kanannya. Jarang sekali modul memori DDR 1 yang menggunakan chip memori jenis BGA.Pada memori jenis DDR2, jenis chip memori yang digunakan adalah tipe BGA (Ball Grid Away). Bentuknya ada yang empat persei panjang, adapula yang berbentuk bujur sangkar. Tetapi, tidak seperti chip memori jenis TSOP, kaki-kaki pada memori jenis BGA tidak terlihat mata karena terletak dibawah chip dan langsung dan langsung ditancapkan ke board modul memori.dan untuk DDR 3 ini memiliki kesamaan dengan memori jenis DDR 2 yaitu dengan BGA (Ball Grid Away).

Perbedaan secara fisik lainnya yang dapat dilihat secara kasat mata adalah pada notch yang tersedia di board memori di bagian golden finger alias konektor slot memori di motherboard. Pada jenis memori DDR, notch ini terletak sedikit ke arah sisi kanan untuk DDR 2, notchnya terletak sedikit lebih ke tengah board modul memori dan pada jenis DDR 3 yang terbaru saat ini notchnya terletak sedikit kearah kiri berlawanan dengan letak notch DDR pertama.

Perbedaan secara fisik terakhir yang dapat dilihat dengan mudah adalah jumlah pin yang digunakan. Memori DDR memiliki pin sebanyak 184 buah (92-pin di setiap sisinya), sedangkan memori jenis DDR2 dan DDR 3 memiliki pin yang lebih kecil dan padat Jumlahnya 240 buah (120-pin di setiap sisi).

Dari sisi kecepatan, memori jenis DDR2 yang terendah adalah yang memiliki clock speed 200MHz (DDR2 400 atau PC-3200), sedangkan memori jenis DDR memiliki clock speed 100MHz (DDR 200 atau PC-1600) dibawah setingkat dari DDR 2 dan untuk DDR 3 yang memiliki kemampuan high performance yaitu kecepatan yang dimiliki oleh DDR 3 ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih
tinggi dibandingkan DDR2 yang memiliki clock speed hanya 200MHz.

Dari sisi kinerja, dengan clock speed yang yang sama, sistem yang menggunakan jenis memori DDR biasanya memiliki kinerja yang relatif sama dengan sistem yang menggunakan memori DDR2. Pada banyak kasus, malah kinerja yang menggunakan memori DDR lebih baik dari pada DDR2. Hal ini dimungkinkan karena latency dan timing memori DDR lebih baik dibandingkan dengan memori DDR2. Tetapi kembali lagi. Memori jenis DDR tidak ada yang diproduksi dengan kecepatan melebihi 600MHz, sedangkan DDR2 masih bsa dipatok pada kcepatan jauh di atas itu.dan untuk DDR 3 sendiri kita tidak perlu membincangkan masalah kinerjanya,karena clock speed yang dimiliki sangat besar,jadi kita bisa membedakan sendiri untuk kinerjanya.
Dan untuk kemampuan dari DDR 3 yang terbaru saat ini,ia mampu mengakses data lebih cepat yakni 100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk

Sebagai Gambaran :
• Hardisk SATA dalam dunia nyata mengkases data sekitar 80-100 MB/s sedangkan USB 2.0 antara 10MB/s sampai 20 MB/s.
Sebelum tahun 2002, Banyak komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate (SDR) SDRAM.
Setelah tahun 2002, Digantikan Double Data Rate (DDR), Mulai dari :
• DDR (DDR1),
• DDR2
Sekarang yang banyak beredar adalah DDR3 yang mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM.

keuntungan Utama DDR3 adalah kemampuan untuk mentransfer I / O data di delapan kali data tingkat memori berisi sel, sehingga memungkinkan bus lebih tinggi dan harga lebih tinggi pula dari harga sebelumnya puncak teknologi memori. Selain itu, standar DDR3 memungkinkan chip kapasitas 512 megabits hingga 8 gigabits, efektif memungkinkan maksimum ukuran modul memori 16 gigabyte.keuntungan lainnya Memori DDR3 memberikan pengurangan konsumsi daya lebih dari 30% dibandingkan DDR2 dan DDR 1 modul,karena DDR 3 kurang dari 1,5 V pasokan tegangan, dibandingkan dengan DDR2 dan DDR 1 dari 1,8 V atau 2,5 V. Pasokan tegangan bekerja dengan baik dengan 90 nanometer pembuatan teknologi yang digunakan dalam DDR3 .

Produk ini muncul pada
pertengahan tahun 2007, bersamaan dengan motherboard yang menggunakan chipset
Intel P35 Bearlake. Walau sebenarnya sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2005.tapi untuk di Indonesia baru diperkenalkan awal tahun 2010 lalu dan baru tenar untuk saat ini yang memakai DDR3.DDR 3 akan lebih menguntungkan untuk LAPTOP,karena DDR 3 sangat minim dalam menggunakan pasokan listrik yaitu kurang dari 1,5V,Anda bisa membedakannya antara LAPTOP yang masih menggunakan DDR 1 atau DDR 2 LAPTOP yang menggunakan DDR 3,akan lebih hemat yang menggunakan DDR 3 dalam memakai pasokan listrik dan kemampuan dalam memproses data.

perbedaan yang lain adalah perbandingan harga yang cukup mencolok antara DDR3 dan DDR2. Hal ini dikarenakan selain teknologi yang dimilikinya tergolong baru juga karena populasinya di pasaran masih sangat sedikit. Dan juga motherboard yang mendukung RAM jenis DDR3 masih sedikit di pasaran, praktis hanya pabrikan besar saja yang sudah mendukung RAM jenis ini. Sebagai perbandingan harga, untuk RAM DDR2 dual pack yang berisi dua keeping RAM berkapasitas masing-masing 1 GB berharga sekitar Rp150rb sedangkan RAM DDR3 de ngan komposisi dual pack yang juga berisi dua keping RAM berkapasitas masing-masing 1 GB dijual dengan harga kisaran Rp 300-400rb . Kedua jenis RAM tersebut berasal dari merk yang sama. Terlihat perbedaan harga yang cukup mencolok antara kedua jenis RAM tersebut, hampir tiga kali lipatnya. Saran saya bagi Anda yang ingin “buruburu” menikmati kecepatan dari RAM DDR3 untuk komputer desktop Yang paling utama adalah Anda harus menyiapkan uang lebih, karena Anda tidak bisa meng-upgrade RAM DDR2 Anda menggunakan motherboard lama dengan RAM DDR3. Karena meskipun memiliki jumlah pin yang sama, panjang yang sama namunnotch antara kedua RAM tersebut berbeda. Sehingga otomatis Anda juga harus meng- upgrade motherboard Anda yang tentunya mendukung RAM DDR3.

Yang Perlu Diperhatikan adalah :

1. KESAMAAN JENIS MEMORY RAM karena DDR1 tidak akan cocok dengan DDR2, dan DDR2 tidak cocok dengan DDR3. Diperlukan jenis yang sama ketika akan mengupgrade RAM.

2. JENIS MEMORY RAM biasanya mempunyai tipe yang bermacam-macam, misalnya DDR3-6400, DDR3-8500, DDR3-10600 dan lainnya ( semakin tinggi, transfer ratenya juga semakin besar). Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).

3. JUMLAH MAKSIMAL MEMORY RAM tergantung pada Motherboard dan juga Sistem Operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi 32-bit biasanya tidak mendukung RAM diatas 4GB, sedangkan untuk sistem 64-bit, secara teori dapat mendukung sampai 192 GB RAM (Windows 7 ultimate). Selain itu kadang jumlah maksimal juga dibatasi oleh Motherboard, Misalnya hanya mendukung maksimal 16 GB RAM. Demikianlah semoga bermanfat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s