Sepenggal Mantra Sakti

142.pngDari judul diatas, mungkin untuk yang pernah nontom film negeri 5 menara sudah pada tahu maksudnya (yang punya filmnya b0leh di share;)). nah untuk yang belum tahu, pada postingan kali ini ier1 akan sedikit mengulas tentang si mantra sakti itu.

“مَنْ جَدَّ وَجَدَ”

                               (man jadda wa jada)

ya itulah sepenggal mantra saktinya, lalu (timbul pertanyaan)  apa sih sebenarnya makna dari kalimat tersebut???

sebelum mengulas itu, sebaiknya shbt ier1 mengetahui bahwa kalimat tersebut ialah sebuah kata mutiara berbahasa arab (biasanya disebut mahfudzot), ier1 belajar mahfudzot yaitu ketika duduk dibangku SMP (smp plus al-ittihad.. mksh ilmunya) dalam mahfudzot banyak kata – kata yang menginsipirasi dan tentunya mebuat shbt ier1 semangat ( sesuai ajaran islam tentunya..).

ok😉 kembali mantra saktinya, arti dari kalimat tersebut yaitu:

“Barang siapa bersungguh-sungguh, dapatlah ia.”

jadi, kalimat tersebut mengajarkan kepada shbt ier1 agar selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu perbuatan. Karena dengan sungguh-sungguh, tentu ALLAH akan mengabulkan permintaan shbt ier1, untuk itu jangan sekali-kali melakukan perbuatan dengan berleha-leha, karena itu tentu saja merugikan shbt ier1 semua. Jangan sampai shbt ier1 termasuk kedalam golongan orang-orang yang merugi!(amin…).

sebenarnya jika dilihat dari kata sungguh-sungguh itu sendiri, tersirat makna “fokus”(mengapa??), karena tanpa fokus dalam mengerjakan suatu perbuatan tentu saja ini bukan hal yang baik.  Kalimat tersebut merupakan sebuah kalimat SEBAB-AKIBAT, jadi untuk mendapatkan sebuah hasil yang menakjubkan dibutuhkan suatu action yang nyata dan diusahakan dengan sebaik-baiknya. karena “hasil itu tergantung prosesnya”.

cukup sekian untuk postingan kali ini, mohon maaf bila pemilihan kata-kata masih belum sesuai dan pembahasannya masih ngalor-ngidul. because:

 “i’m not perfect but i will try the best”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s